- See more at: http://langkah2membuatblog.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-judul-blog-bergerak-gerak.html#sthash.40ADwxwj.dpuf

Tag Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and @kurniasepta Distributed by Belajar Ngeblog di Blog
Welcome to My Blog....^ _ ^

Senin, 19 Agustus 2013

Tips Merawat Koleksi Gaun / Dress Wanita

                                         
Untuk acara-acara formal tertentu, biasanya gaun malam merupakan pilihan para wanita. Dan tak jarang gaun malam memerlukan kocek yang lebih tinggi dari ratusan ribu sampai jutaan. Tentunya dengan harga yang cukup tinggi, Anda tidak menginginkan koleksi gaun malam Anda cepat rusak bukan ? Berikut beberapa tips untuk merawat koleksi gaun malam Anda :

1.Jangan terlalu sering mencuci gaun

Jika dress wanita dikenakan untuk pesta yang tak terlalu lama dihadiri, sebaiknya gaun tidak perlu sering-sering dicuci. Cukup gantung gaun Anda dan angin-anginkan. Anda bisa melicinkannya dengan setrika uap bila nanti ingin memakainya kembali.

2. Jangan cuci gaun Anda dengan mesin cuci
Gaun umumnya memiliki bagian-bagian yang di dekorasi, di lipat sana sini atau di tempeli aksesoris. Mesin cuci hanya akan mengakibatkan struktur gaun Anda rusak. Cukup cuci dress wanita dengan tangan saja, tanpa sabun. Saat mencuci dan membilasnya jangan terlalu kasar dan kuat karena struktur akan rusak. Jika ingin lebih simpel, gunakan saja jasa laundry dry cleaning untuk mencuci gaun Anda.
3. Gantunglah gaun Anda dengan hanger
Gaun didesain dengan menggunakan patung, dan dalam keadaan terpakai demi mendapatkan konstruksi yang sempurna. Menggantung dress wanita bertujuan agar konstruksi gaun tetap rapi saat akan dikenakan. Kecuali dress wanita yang berbahan rajut, jangan digantung karena dapat membuat gaun menjadi rusak dan melar. Khusus gaun dari bahan rajut, bisa dilipat tapi jangan ditimpa dengan pakaian lain diatasnya.

4. Pilih gantungan baju berbahan lembut
Anda sudah tau cara paling baik untuk merawat dress wanita adalah dengan menggantung di hanger. Namun bila gantungan / hanger yang anda pakai adalah model tipis dari plastik atau dengan penjepit bawah, ini bukan hanya memelarkan tali/bagian atas, tapi juga bisa merusak karena jepitan akan membekas di gaun. Gaun Anda umumnya akan digantung untuk jangka yang lumayan lama misal 1-2 bulan. Jadi, gunakan hanger berlapis busa untuk mencegah kerusakan dress wanita akibat bekas yang ditinggalkan oleh gantungan.

5. Untuk menghindari gaun Anda kotor dan debu menempel di gaun Anda
Simpanlah dress wanita dalam plastik pembungkus. Plastik pembungkus bisa didapatkan di grosir plastik. Hal ini dilakukan agar gaun anda tidak mudah terkena debu dan jamur karena terkontaminasi pakaian lain didalam lemari. Terutama untuk gaun dengan warna dasar putih, off white, dan warna terang lainnya.

6. Sekali waktu keluarkan gaun Anda yang tersimpan lama di dalam lemari.

Untuk menghindari gaun Anda berbau tidak sedap, tambahkan juga kapur barus untuk mengusir bau tak sedap akibat kondisi lembab di dalam lemari. Ingat juga, bau kapur barus juga bisa menyengat dan tidak mengenakkan, dress wanita yang terlalu lama disimpan akan berbau kapur barus, dan orang akan tau bahwa ini gaun lama dengan mencium wangi khasnya. Jadi, sempatkan untuk memilah-milah dress wanita yang Anda simpan untuk sesekali dikeluarkan dari lemari dan biarkan selama 1-2 jam agar aroma kapur barus tidak menempel. Angin-anginkan juga dengan tangan anda selama beberapa menit. Jangan malas, karena gaun memang harus dirawat lebih spesial dari kain/busana lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar